Rabu, 08 Februari 2017

9 Tips Merekam Video secara Profesional Menggunakan HP

9 Tips Merekam Video secara Profesional Menggunakan HP

tips merekam video
Ingin mengambil video tapi takut hasilnya buruk? Kekhawatiran seperti memang bisa dialami oleh siapa saja, terlebih jika tujuannya adalah untuk membagikan rekaman tersebut ke media sosial. Daripada malu, sebagian orang justru memilih untuk menyimpan rekaman tersebut tanpa pernah berani menunjukkannya ke publik, bahkan ke teman-teman mereka sendiri. Merekam video secara professional sebenarnya ada triknya tersendiri, begitu pula saat merekam dengan menggunakan kamera hp. Jika Anda ingin memperoleh hasil yang menarik bak hasil karya seorang profesional, Anda harus tahu trik merekam video berikut ini.

1. Gunakan Kamera HP yang Sesuai

kamera smartphone
Kamera smartphone memiliki peranan penting dalam menentukan baik tidaknya hasil rekaman video. Karena itu, penting untuk memastikan bahwa kamera smartphone yang digunakan memang mendukung kebutuhan tersebut. Meski hampir semua kamera smartphone sudah dapat digunakan untuk merekam video, ada beberapa hal yang menentukan kualitas video yang direkam. Beberapa diantaranya adalah sensor kamera dan software kamera itu sendiri. Demi memperoleh hasil rekaman yang baik, keduanya harus tersinkronisasi dengan baik. Anda tidak bisa hanya mengandalkan sensor kamera yang besar untuk mendapatkan hasil rekaman yang profesional.
Optimasi antara hardware dan software memang menjadi faktor kunci dalam menghasilkan rekaman yang prima. Itulah kenapa ada perbedaan performa kamera yang cukup mencolok pada smartphone kelas menengah dengan smartphone flagship. Meski sama-sama mengusung sensor kamera yang sama, bukan berarti hasil rekamanannya juga sama. Jika hasil rekaman yang profesional adalah tujuan Anda, ada baiknya untuk mempertimbangkan kamera smartphone kelas high-end.

2. Pilih Kamera yang Memiliki Fitur Image Stabilization

kamera handphone fitur stabilisasi
Fitur image stabilization membantu pengguna menjaga kestabilan gambar selama proses perekaman. Meski tangan Anda bergoyang, kamera tetap mampu menjaga kestabilan gambarnya. Anda tidak perlu lagi khawatir dengan gambar yang bergoyang. Fitur ini biasanya memang sudah tersedia pada smartphone kelas menengah. Namun untuk fitur image stabilization yang handal, umumnya Anda hanya bisa menemuinya pada hp kelas flagship. Salah satu kamera smartphone yang memiliki fitur image stabilization yang handal adalah iPhone 6S.

3. Gunakan Tripod atau Monopod

aksesoris tripod untuk hp
Salah satu trik merekam video secara profesional adalah dengan menjaga kamera agar tidak banyak bergerak. Fitur image stabilization memang cukup membantu, akan tetapi bagaimanapun juga fitur tersebut memiliki kelemahan. Untuk menjaga kamera tetap berada dalam posisi steady, Anda membutuhkan perangkat tambahan seperti tripod ataupun monopod. Anda bisa memilih salah satu diantaranya sesuai dengan kebutuhan.
Tripod atau monopod memungkinkan kamera bekerja lebih optimal dan membuatnya lebih mudah fokus pada moment yang ingin ditangkap. Tentu Anda tidak ingin kehilangan moment hanya karena kamera gagal fokus bukan? Agar gambar tidak banyak bergoyang dan fokus tepat pada sasaran, jangan lupa juga untuk meletakkan kamera dan tripod pada permukaan yang rata.

4. Jangan Gunakan Zoom

kamera zoom handphone
Fitur zoom memang membantu pengguna menangkap gambar yang letaknya jauh. Dewasa ini kamera smartphone juga banyak yang telah dilengkapi dengan fitur ini. Namun perlu diketahui, video yang diambil dalam kondisi zoom memiliki kekurangan yang cukup serius. Detail gambar dipastikan berkurang dan banyak noise yang terlihat. Jika kamera goyang sedikit saja, goncangannya juga terlihat sangat jelas.
Jika Anda ingin mengambil gambar suatu objek, sebaiknya dekati objek tersebut. Atur kamera pada mode normal atau tanpa zoom untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik.

5. Perhatikan Angle Kamera

mengatur angle kamera
Mungkin ini terdengar klise. Namun sampai kapanpun, angle kamera memang akan selalu menjadi bagian dari trik merekam videoAngle kamera yang tepat juga mampu memberikan kesan tertentu seperti dramatis, melankolis bahkan mampu membuat takjub siapapun yang melihatnya. Ada rasa yang terekam bersama dengan gambar tersebut.
Untuk memperoleh angel terbaik, tentukan moment yang ingin ditangkap dan perhatikan kondisi lingkungan sekitar. Kenali rasa yang ada pada moment tersebut. Anda memang tidak akan bisa mendapatkan angle yang tepat hanya dalam satu kali percobaan. Cobalah untuk mengelilingi objek yang ingin diambil dan cermati titik mana yang mampu menghasilkan gambar terbaik. Anda mungkin juga akan mempertimbangkan posisi atas bawah dan jarak pengambilan gambar.

6. Atur Pencahayaan

lighting kamera
Pencahayaan memiliki peranan penting dalam proses pengambilan video. Terkadang tidak cukup hanya dengan pencahayaan yang cukup saja. Untuk menghasilkan efek-efek dan kesan-kesan tertentu, Anda juga bisa mempertimbangkan gelap terangnya pencahayaan. Dengan sedikit mengurangi intensitas cahaya, Anda bisa memperoleh efek cinematis. Cahaya yang terlalu terang juga tidak selalu buruk. Selama komposisinya tepat, semua itu bisa memberikan efek yang menarik.
Untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat, Anda juga harus tahu sumber cahaya yang akan digunakan. Sebagai contoh, saat Anda mengambil gambar di luar ruangan dengan matahari sebagai sumber cahayanya, usahakan untuk tidak menghadap langsung pada arah datangnya sinar matahari. Ada baiknya untuk sedikit membelakanginya. Sedangkan saat mengambil gambar di dalam ruangan, pertimbangannya sebenarnya juga tidak berbeda jauh. Namun karena Anda menggunakan sumber cahaya buatan, Anda bisa lebih bebas menentukan arah datangnya cahaya.
Padukan dengan trik sebelumnya yakni dengan memilih angle yang tepat. Dengan demikian, video yang direkam juga akan terlihat lebih berkesan dan lebih hidup.

7. Jangan Menggerakkan Kamera Handphone secara Tiba-Tiba

gambar blur
Terkadang Anda mungkin ingin menggerakkan kamera untuk mendapatkan fokus yang lebih baik. Gerakan seperti ini juga mampu membuat video terkesan lebih hidup dan kaya perspektif. Namun perlu diketahui, menggerakkan kamera secara tiba-tiba justru akan merusak fokus gambar. Akibatnya gambar objek yang diambil jadi terlihat kabur dan tidak jelas.
Pada film-film action, mungkin Anda pernah melihat gambar yang bergerak dengan cukup cepat. Tapi jangan coba untuk meniru hal tersebut, terlebih jika Anda hanya menggunakan kamera smartphone. Menggerakkan kamera juga ada triknya. Meski kamera yang digunakan sudah dilengkapi dengan fitur fast focus, Anda tetap harus menggerakkan kamera dengan lembut. Salah satu trik merekam video bergerak adalah dengan menggerakkan kamera secara bertahap sesuai dengan kecepatan fokus yang dimiliki.

8. Gunakan Aturan Ketiga

aturan ketiga
Untuk mendapatkan fokus yang tepat, umumnya pengguna meletakkan objek yang ingin direkam pada sisi tengah bingkai. Tapi cara ini sebenarnya tidak direkomendasikan. Cara ini justru membuat gambar yang direkam jadi terlihat statis dan tidak menarik sama sekali. Alih-alih meletakkan objek pada tengah bingkai, cobalah untuk meletakkannya sedikit ke pinggir entah itu ke sisi sebelah kiri atau kanan. Cara ini bisa membuat gambar yang direkam terlihat lebih menarik secara visual.

9. Bermain dengan Slow Motion

fitur slow motion
Untuk mendapatkan rekaman yang lebih dramatis, Anda mungkin akan mempertimbangkan permainan pergerakan gambar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur slow motion. Kamera kelas high-end banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur ini. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Untuk memperoleh hasil terbaik, Anda hanya perlu bermain dengan kreativitas. Jangan lupa juga untuk mengkombinasikan fitur ini dengan trik merekam video lainnya seperti angle dan pencahayaan yang tepat. Dengan perpaduan yang tepat, video yang direkam juga akan terlihat lebih berkesan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar